Sifat-Sifat Segitiga

SIFAT-SIFAT SEGITIGA

1. Segitiga Siku-Siku

Segitiga siku-siku dapat dibentuk dari sebuah persegi panjang dengan menarik salah satu garis diagonalnya.

Perhatikan gambar berikut:

segi4

Bidang ABCD adalah persegi panjang. Dengan menarik diagonal AC, akan terbentuk dua segitiga siku-siku yang sama dan sebangun (konruen) yaitu ΔABC dan ΔADC.

Segitiga siku-siku mempunyai dua sisi siku-siku yang mengapit sudut siku-siku dan satu sisi miring (hypotenusa)

h8

ΔABC mempunyai ciri-ciri:

AB dan BC sebagai sisi siku-siku, AC sebagai hypotenusa dan sudut ABC atau sudut B adalah sudut siku-siku (= 90°)

Dalam sebuah segitiga siku-siku, hypotenusa selalu terletak di depan sudut siku-siku.

2. Segitiga Sama Kaki

Dua buah segitiga siku-siku yang kongruen dapat membentuk sebuah segitiga sama kaki dengan mengimpitkan salah satu sisi siku-siku yang sama panjang dari kedua segitiga tersebut.

Perhatikan gambar berikut:

samakaki

ΔABD dan ΔDBC adalah dua segitiga siku-siku yang kongruen. Sisi BD adalah sisi siku-siku yang sama panjang dari kedua segitiga tersebut. Jadi ΔACD adalah segitiga sama kaki dengan sisi AD=DC.

Di dalam segitiga sama kaki terdapat :

  • Dua sisi yang sama panjang, sisi tersebut sering disebut kaki segitiga.
  • Dua sudut yang sama besar yaitu sudut yang berhadapan dengan sisi yang panjangnya sama.
  • Satu sumbu simetri.

Segitiga sama kaki merupakan bangun simetri lipat dan dapat menempati bingkainya dalam dua cara.

samakaki-1 samakaki-2

Dari gambar disamping terlihat bahwa :

  1. CD sebagai sumbu simetri
  2. A pindah ke B; B pindah ke A dan C tetap.
  3. AC pindah ke BC, maka AC=BC.
  4. sudut1 CAB pindah ke sudut1 ABC maka sudut1 CAB = sudut1 ABC

3. Segitiga Sama Sisi

Tiga buah garis lurus yang sama panjang dapt membentuk sebuah segitiga sama sisi dengan cara mempertemukan setiap ujung garis satu sama lainnya.

samasisi

Gambar (i) di atas menunjukkan gambar tiga garis lurus yang sama panjang, yaitu AB= BC=CA. Apabila ujung-ujung ketiga garis tersebut saling dipertemukan, A dengan A, B dengan B, dan C dengan C, maka akan terbentuk segitiga sama sisi ABC seperti terlihat pada gambar (ii) di atas

Di dalam segitiga sama sisi terdapat :

  1. Tiga sisi yang sama panjang.
  2. Tiga sudut yang sama besar.
  3. Tiga sumbu simetri.


44 Tanggapan to “Sifat-Sifat Segitiga”

  1. krsytal Says:

    Makasih yaaahhhh,wordpress ini ngebantu banget pas aku lagi ada PR math,,,sukses deh buat yang bikin….
    add fb? astince_hinata@yahoo.co.id
    hav nice day n TYVM

  2. gOODdddd luckkkkK BRO KamPRET Says:

    hiiii

  3. tia minho Says:

    thx ya ..
    udah kasih infonya
    ^_+

    ^_6

  4. Ana Selviah Says:

    mau nanya nih mang sifat sifat segitiga sama kaki cuma segini yach

  5. ukh-ukhti Says:

    Blog ini sangat berguna.. Bukalah blog saya..

  6. Lawreence Says:

    Aduh ,, kurang lengkap,, sifat-sifat segitiganya apa sichh ???????

  7. nabila Says:

    jgn sedikit gini
    dong
    aq mau nyari sifat segitiga yang lbh legkap lakhirny amikir
    gara2 sedikit

  8. nanda Says:

    karek sa etik ka panggihna

  9. Nurfadhliana Says:

    Trmksh ini semua dpt mmbntu sya dlm mgrjkn tugas

  10. haris Says:

    thanks bgt…..

  11. SYiF4 c4nt00nn$$ Says:

    woaw kereeennn bosss! KEEP IT UP GUYS

  12. marlyn Says:

    saya mau tanya apakah tidak ada segitiga sama sisi dalam satuan persegi? gambar pada buku berpetak……terima kasih

  13. kartika Says:

    thanks9999999999999

  14. icha Says:

    tanksss,,,, ya

  15. Michael Chandra Says:

    Terima kasih ya…. ini sangat bermanfaat dlm membantuku mengerjakan PR

  16. ela Says:

    tolong gambarkan segitiga siku”

  17. salwa Says:

    makasih

  18. Iliya Rozan Says:

    segitiga sembarang ada nggak sifatnya? apa aja?

  19. Ayam bakar Says:

    gila, tugas dapet semua dari website ini. keren-keren.

  20. dhilah Says:

    sebelum.x, saya berterima kasih atas info.x, dan sekedar saran, sekiranya penjelasan di atas dapat dilengkapi dengan contoh-contoh soal, sehingga pembaca dapat lebih mengerti…thanks [ ! ]

    go..go..go..
    smangat !!!!! ^^

  21. Ichaa Says:

    tolong dilengkapi ya informasinnya saya butuh informasi tentang segitiga siku-sikun sama kaki .. terimakasih

  22. gisella Says:

    segitiga sembarang’a mna ?

  23. RAALOKIIN Says:

    tanks bngt y

  24. auvarriani nur aisah Says:

    BISA LEBIH LENGKAP GK YAH

  25. Me Says:

    Kok… Segitiga sembarangnya gak ada sich…???

  26. MN ISA Says:

    makasih bantuannya,
    izin mengcopas

  27. Kusuma Yulianingsih Says:

    makasihhh ya udah bantu aku buat ngerjain tugas persentasi mtk di sekolah aku add @kusuma yulianingsih follow @kusuma_yulia

  28. syauki darul ulum Says:

    makasih ya aku jdi tambah ilmunya nih

  29. Yayas Says:

    Hahaha thanks :D

  30. yuli Says:

    bukannya segitiga ada 6? ko cuma ada 4?

  31. hadi khaerul Says:

    thanks ya atas adanya blok ini jadi bisa ngerjain tugas

  32. ❦Nur ZaraQieyヅ (@ara_moist) Says:

    ermm.. memenag bagus! akhirnye siap jgk keje skolah!!.. XD i’m so happy today!!

  33. aby sayank yaka Says:

    makasih ya worldpress atas infonya…

  34. park young's Says:

    thanks for you.. terima kasih infonya..

  35. justinbieber Says:

    thanks for the info ^_^ its that so good

  36. scott tucker swimming Says:

    Hello there! Quick question that’s totally off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My site looks weird when browsing from my iphone4. I’m trying
    to find a theme or plugin that might be able to
    correct this issue. If you have any recommendations, please share.
    Appreciate it!

  37. yui Says:

    kurang lengkap nih

  38. Rafa_Mutua Says:

    Thanks! Lumayan ngebantu, tapi aku masih bingung

  39. Chael Says:

    wow :D thanks banget :-) pr aku jadi selesai ..

  40. nurul arramadhana Says:

    ternyata matematika itu mudah dimengerti

  41. data affan dharma satria Says:

    y aku suka t

  42. Husnul Says:

    Sudut yang sama pada segita sama sisi itu berapa sudutnya ?

  43. Raihanah Says:

    alhamdulillah . akhirnya dapat juga jawabannya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: